3 Cara Budidaya Tumbuhan Walang Sangit

Mungkin tumbuhan ini kurang familiar di telinga banyak orang, karena tumbuhan ini memang salah satu tumbuhan liar. Walaupun termasuk kategori tumbuhan liar, namun tumbuhan walang sangit saat ini banyak dicari oleh banyak orang.

Terutama bagi mereka yang hobi dengan memancing, tanaman walang sangit ini memang bermanfaat untuk campuran upan lumut. Baunya yang khas membuat ikan berminat untuk memakan umpan yang sudah di sediakan oleh para pemancing.

Memang untuk menanam bibit walang sangit ini agak sedikit susah, karena karakter tumbuhan ini sering sekali tumbuh pada suhu yang dingin seperti di lereng gunung dan juga di atas gunung tentunya.

Sudah banyak orang yang mencoba untuk menanam bibit walang sangit namun gagal, karena cara menanamnya yang salah. Saat ini kita akan mencoba untuk memberikan cara jitu agar bibit walang sangit bisa tumbuh dengan subur dan daunnya tidak busuk.

Trik Menanam Bibit Walang Sangit

1. Sediakan Tanah dan Pupuk

Hal yang pertama memang harus menyediakan tanah yang subur agar bisa menanam bibit walang sangit. Tanah yang subur sendiri bisa diwujudkan dengan mencampurkan tanah dengan pupuk, seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

Untuk proses penyampuran tanah dan pupuk memang butuh waktu beberapa hari agar tanah dan pupuk bisa berpadu menjadi satu. Sehingga kamu belum bisa menanam walang sangit jika tanahnya belum memenuhi kriteria yang di butuhkan untuk menanam walang sangit.

2. Media Pot

Jika kamu menanamnya di rumah, memang media pot sangat di perlukan sekali. Pot sendiri bisa bebas memilih misalnya pot yang terbuat dari plastik ataupum pot yang terbuat dari tanah liat.

Semuanya bisa di gunakan untuk menanam walang sangit. Usahakan diameter pot jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar (sedang saja).

3. Penanaman Bibit Walang Sangit

Untuk menanam bibit walang sangit pada pot, pastikan posisi bibit tidak terkena matahari secara langsung. Jadi kamu harus menyiapkan atap terlebih dahulu agar walang sangit tidak kepanasan.

Karena jenis tanaman walang sangit tidak bisa hidup pada suhu yang terlalu panas. Makanya tumbuhan ini banyak di temukan di kaki gunung.

Jika tumbuhan walang sangit terkena suhu matahari yang terlalu panas, maka daunnya akan cepat mati dan membusuk. Jadi usahakan memakai atap jika kamu tinggal di lokasi yang cukup panas.

Masukkan bibit walang sangit yang masih kecil tadi ke dalam pot yang sudah bercampur dengan tanah subur yang sudah di berikan pupuk. Diamkan selama 4 atau 5 hari, jika bibit walang sangit bisa tumbuh agak besar, berarti media tanah dan pencahayaan sudah cukup baik.

Sebaliknya, jika bibit walang sangit mati dan membusuk, berarti tanah dan kondisi penyinaran kurang baik / terlalu panas kena terik matahari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.