5 Cara Menanam Bibit Benih Kacang Hijau

Siapa yang tak kenal dengan kacang hijau, makanan biji-bijian ini sangat terkenal di indonesia. Kacang hijau sendiri bisa di olah menjadi makanan yang sangat lezat. Misalnya bisa di buat menjadi bubur kacang hijau, wedang kacang hijau, onde-onde kacang hijau dan masih banyak kue yang isinya memakai kacang hijau.

Tak heran jika kacang hijau memiliki permintaan pasar yang tinggi, karena orang indonesia sendiri sangat menyukai jenis makanan kacang hijau yang kaya akan manfaat.

Untuk menjadi petani kacang hijau saat ini memang masih memungkinkan bagi kamu yang baru belajar. Karena untuk menjadi petani kacang hijau tidak terlalu repot dan payah.

Beberapa hal yang harus kamu siapkan untuk menanam kacang hijau agar hasilnya bisa maksimal, berikut penjelasannya;

Tips Bertani Kacang Hijau Untuk Pemula

1. Memiliki Tekad Kuat

Saat ini banyak sekali generasi muda kita yang tidak berminat sama sekali dengan yang namanya pertanian. Padahal pertanian itu sendiri sangat penting guna menanggulangi kebutuhan orang banyak.

Bertani bahan pokok seperti kacang-kacangan memang perlu tekad yang kuat. Apalagi untuk pemula yang belum pernah sama sekali bertani. Jadi harus banyak belajar dan banyak sabar pada saat bertani kacang hijau.

2. Memiliki Lahan Di Dataran Tinggi 

Hal yang paling mendasar untuk bertani memang masalah lahan. Apalagi untuk menanam kacang hijau perlu lahan yang jauh di atas permukaan laut. Sehingga untuk mempersiapkan lahan dengan kriteria seperti demikian agak sulit.

Namun jika kamu ingin bertekad dan sudah bulat menjadi seorang petani, apa salah nya untuk memulai mencari lahan yang cocok untuk di tanami kacang hijau.

Usahakan lahan yang kamu cari seluas mungkin agar bisa mencapai hasil panen yang banyak dan maksimal.

3. Belajar Membuat Benih

Tanaman jenis kacang hijau memang tidak bisa langsung di tanam ke tanah jika masih berbentuk biji/bibit. Sehingga kamu perlu untuk membuat benih dari biji atau bibit kacang hijau itu sendiri.

Caranya sangat mudah sekali. Kamu bisa menggunakan media kain atau kapas untuk membuat benih kacang hijau agar bisa tumbuh menjadi tunas yang siap untuk di tanam di tanah.

4. Penyuburan Tanah

Jika saat ini kamu sedang menunggu bibit kacang hijau agar bisa menjadi tunas. Ada baiknya saat ini kamu mencoba untuk menyuburkan tanah terlebih dahulu.

Penyuburan tanah sendiri memang pekerjaan berat di dalam pertanian. Karena penyuburan tanah di lahan yang luas kamu harus mencangkulnya dan kamu harus memberikan pupuk secara merata pada permukaan tanah yang akan di tanami kacang hijau.

Jangan sesekali mengerjakan sendirian jika lahan atau tanah kamu sangat luas. Karena akan memakan waktu yang sangat lama dan menjadi lelah sendiri.

Usahakan mengajak beberapa partner tani agar hasil penyuburan tanah bisa maksimal dan dengan mudah bisa di lakukan.

5. Menyebar Benih Kacang Hijau

Langkah selanjutnya jika tanah sudah siap untuk di tanamani kacang hijau. Maka sebarlah benih kacang hijau tersebut ke tanah yang sudah subur dan sudah di berikan pupuk.

Sehingga benih kacang hijau yang masih berbentuk tunas tadi bisa tumbuh besar dan bisa menghasilkan polong kacang hijau.

Polong kacang hijau sendiri adalah lapisan kulit luar kacang hijau yang nantinya akan di panen dan di petik ketika sudah waktunya tiba.

Untuk hasil panen kacang hijau sendiri sudah bisa di petik pada hari ke 80. Maka kacang hijau akan sudah bisa di panen dan di pasarkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.