7 Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur

Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur – Keunikan dan keelokan destinasi wisata alam Jawa Timur menawarkan berbagai macam tantangan bagi para wisatawan yang haus dengan tantangan. Salah satu destinasi wisata yang (sangat) menantang untuk ditaklukkan di provinsi Jawa Timur adalah air terjun.

Untuk sampai ke air terjun yang indah, Anda harus berjiwa petualang dan siap secara fisik dan mental. Anda bisa merasakan sensasi andrenalin saat berbelok di tikungan tajam untuk melihat air terjun yang menderu atau gunung berapi mengeluarkan asap. Pemandangan seperti ini hampir mustahil untuk ditolak oleh para wisatawan yang gemar mengeksplorasi jalanan terjal yang ekstrim!

Dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang petualangan wisata yang bisa membawa Anda ke beberapa tempat yang sangat indah. Khususnya, beberapa tempat yang melibatkan air terjun yang epik dan pendakian yang menguras tenaga.

Alam Jawa Timur itu liar!

Siap untuk menjelajahi Indonesia, khususnya Jawa Timur? Terutama destinasi air terjun yang fenomenal yang menawarkan Anda pengalaman menantang yang tidak akan terlupakan!

Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur

7 Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur
Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

1. Madakaripura

Terletak di kaki Gunung Bromo, air terjun Madakaripura yang menakjubkan ini adalah salah satu air terjun tertinggi di seluruh Indonesia. Anda dapat menambahkan rute hiking ke Madakaripura jika Anda mengunjungi Gunung Bromo. Kota terdekat dengan Air Terjun Madakaripura adalah Probolinggo.

Untuk mencapai dasar Air Terjun Madakaripura, Anda wajib mendaki 1,5 kilometer melalui lembah bebatuan yang dalam, sungai, dan medan yang licin.

Anda akan memulai perjalanan Anda di jalan setapak yang kering sejauh 1 km, dan kemudian akhirnya mengarungi perjalanan yang basah sejauh 500 meter untuk mencapai ujungnya.

Anda mungkin akan menjadi basah kuyup selama pendakian ini, jadi bersiaplah untuk membawa jas hujan dan tas kedap air untuk perlengkapan yang Anda bawa.

Sebelum kesini, sebaiknya Anda menyewa pemandu atau mengikuti teman-teman yang sudah berpengalaman menaklukkan rute Madakaripura. Karena jika Anda mengikuti rute berdasarkan Google Maps, maka ada kemungkinan Anda akan melewati jalan-jalan yang ekstrim dan berbahaya. Pemandu lokal bisa Anda sewa dengan biaya Rp. 50.000 – Rp. 100.000 untuk membantu Anda berpetualang disini.

Aksesibilitas: Menengah. Pastikan untuk memakai sepatu tahan air yang masih berkualitas dan siapkan celana/celana pendek karena Anda mungkin akan kebasahan.

2. Tumpak Sewu

Tumpak Sewu dalam bahasa Jawa kira-kira berarti “1000 tumpuk”. Tumpak Sewu juga merupakan salah satu air terjun terbaik di Jawa Timur.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan panorama dari atas dengan banyak sudut pandang yang disediakan. Pengunjung juga dapat memilih untuk menuruni tangga bambu yang curam dan menikmati Tumpak Sewu dari dasar!

Jalur ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dan membutuhkan penyeberangan sungai di beberapa tempat.

AKSESIBILITAS: Menengah/Sulit. Biaya masuknya adalah cukup murah Rp. 10.000 + parkir dan membutuhkan kebugaran fisik yang baik untuk menuruni tangga bambu yang curam. Bersiaplah untuk basah!

3. Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru dibuka untuk umum pada tahun 2015. Air terjun ini memiliki air terjun tunggal yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter, dan tebing-tebing merah-coklat di sekitarnya yang ditutupi dengan tanaman hijau subur.

daftar-air-terjun-terbaik-instagramable-di-jawa-timur
Air Terjun Kapas Biru

Ada retribusi untuk masuk ke Kapas Biru dan parkir Rp. 5.000. Jalan setapaknya membutuhkan perjalanan sejauh 2 kilometer, dengan banyak bagian yang curam. Tempat ini bisa sangat berbahaya di musim hujan, jadi berhati-hatilah saat berkunjung pada bulan Desember hingga Maret.

AKSESIBILITAS: Sulit. Jalur ini bisa sangat licin setelah hujan, jadi berhati-hatilah saat mendaki ke bawah. Kami merekomendasikan Anda untuk berada dalam kondisi fisik yang prima, karena jalan setapak yang akan dilewati akan membutuhkan keseimbangan yang sangat baik, kemampuan memanjat tangga, dan menyeberangi sungai.

4. Coban Rondo

Coban Rondo adalah air terjun yang terletak di dekat kota Batu. Anda dapat mencapai daerah ini melalui Malang, atau kota Surabaya yang lebih jauh. Coban Rondo berarti “Air Terjun Janda”.

Biaya masuk ke Coban Rondo adalah Rp. 15.000. Ada suvenir, tempat makan, dan kegiatan yang bisa dilakukan di tempat parkir. Anda akan banyak melihat orang-orang membawa tongkat selfie untuk mengabadikan pendakian yang unik ini!

Berhati-hatilah dengan monyet di daerah tersebut. Mereka akan mengambil dan mencuri apa pun yang berbau seperti makanan atau terlihat seperti botol minuman. Termasuk air minum kemasan! Amankan semua barang bawaan Anda, dan jangan mendekati mereka.

AKSESIBILITAS: Mudah. Coban Rondo memiliki jalan setapak dengan paving sepanjang 50 meter ke dasar air terjun.

5. Goa Tetes

Goa Tetes dapat diakses melalui pintu masuk yang sama dengan Tumpak Sewu. Tempat ini juga disebut sebagai Goa Tetes karena air terjun mengalir tepat di atas pintu masuk gua-gua kecil.

Tempat ini benar-benar terasa seperti Jurassic Park! Teruslah berjalan melewati batu besar untuk melihat lebih dekat salah satu gua. Ada juga kolam air terlindung yang digunakan untuk berenang, namun Anda harus berhati-hati, karena bisa saja mendapatkan serbuan lintah.

AKSESIBILITAS: Menengah. Jalur menuju Air Terjun Goa Tetes terbuat dari tangga bambu yang sama menuju dasar Tumpak Sewu. Anda akan melihat tanda-tanda berbelok ke kiri di bagian bawah tangga, dan berjalan kaki singkat dari sana.

6. Kabut Pelangi

Dinamai dengan Air Terjun Kabut Pelangi, bukan karena sembarang hal. Ini karena biasanya pengunjung akan melihat pelangi ketika sinar matahari menembus kabut air terjun!

Mirip dengan Kapas Biru, jalan setapak ke dasar air terjun berjarak sekitar 2 kilometer.

Anda pasti akan basah selama pendakian ini. Pastikan untuk mengemas mempersiapkan jas hujan dan membungkus barang-barang bawaan Anda.

AKSESIBILITAS: Sulit. Membutuhkan beberapa penyeberangan sungai, memanjat tangga, dan mendaki melalui medan yang berpotensi licin dan kasar. Jangan coba-coba kesini saat musim hujan.

7. Coban Sriti

daftar-air-terjun-terbaik-instagramable-di-jawa-timur
Air Terjun Coban Sriti

Coban Sriti adalah air terjun yang terpisah menjadi dua air terjun oleh batu besar yang ditempatkan di bagian atas. Tingginya sekitar 120 meter dan terletak di sepanjang sumber air utama yang berasal dari gunung, Gunung Semeru. Dan air terjun ini termasuk kedalam Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur.

Anda dapat memulai perjalanan Anda melalui pintu masuk Kapas Biru. Sekitar 20 menit pendakian, Anda akan mendaki turun melalui semak-semak ke bawah dengan alat bantu tali ke sungai lain. Di sini, Anda harus menyewa pemandu untuk membawa Anda turun ke air terjun.

Jalurnya sangat berbahaya dalam keadaan cuaca buruk. Pemandu biasanya mengenal dengan baik karakter jalur menuju Coban Sriti.

AKSESIBILITAS: Sangat sulit. Coban Sriti memiliki debit air yang deras sepanjang tahun, membuat sungai sulit dilintasi dan banjir bandang sangat mungkin terjadi. Anda harus berada dalam kondisi fisik yang sangat baik untuk melakukan trekking, memanjat bebatuan, dan melawan arus sungai yang deras.

Tips Keselamatan Mengunjungi Air Terjun di Jawa Timur

Aktivitas trekking, mendaki melalui ngarai, sungai, dan gua dapat membawa bahaya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan panduan dan tips keselamatan mengunjungi air terjun berikut ini.

1. Menyewa Pemandu Lokal

Peta Google sering kali tidak dapat diandalkan. Pemandu lokal memiliki pengetahuan rute, dan memiliki pengalaman yang lebih banyak daripada Anda.

Daerah air terjun ini bukanlah tempat wisata biasa, melainkan wisata yang cukup ekstrim, jadi Anda tidak akan menemukan hotel, makanan, atau bahkan ATM di daerah sini.

2. Jangan Bepergian ke Air Terjun Sendirian

Kecuali Anda memiliki pengalaman yang sangat baik! Kami sangat, SANGAT menyarankan Anda tidak pernah mengambil jalan setapak ke air terjun sendirian.

3. Berhati-hati Saat Melangkah

Batu-batu licin, tangga basah, dan tanah bisa bergeser dari bawah kaki Anda. Pastikan Anda memiliki pijakan yang stabil dan genggaman tangan yang kuat sebelum melanjutkan langkah untuk mencegah terpeleset atau jatuh.

4. Kunjungi Air Terjun Pada Siang Hari

Jangan pernah memaksakan diri Anda menuruni atau memanjat air terjun di sore hari, karena mendaki dalam kegelapan adalah hal yang sangat berbahaya.

5. Hindari Musim Hujan

Air terjun di Indonesia memiliki karakter yang mudah meluap saat kelebihan debit air. Artinya, Anda bisa tersapu oleh air deras dalam sekejap mata. Musim hujan umumnya terjadi pada bulan November hingga Maret. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk berkunjung, yaitu antara bulan Mei dan September.

6. Utamakan Keselamatan Anak

Rute air terjun yang kami bahas diatas adalah rute yang sangat berat dan tidak mudah ditaklukkan. Jadi, sebaiknya Anda mengurungkan niat menuju air terjun tersebut jika Anda mengajak anak-anak.

Oke, teman-teman traveller, demikianlah informasi singkat tentang Daftar Air Terjun Terbaik Instagramable di Jawa Timur. Mudah-mudahan bisa memberikan pengetahuan, terutama bagi Anda yang berencana liburan ekstrim di Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.