Sukses Budidaya Sirih Cina: Superfood Yang di Anggap Gulma

Budidaya sirih cina – Sirih cina (Peperomia pellucida) memiliki berbagai nama sebutan di Indonesia, antara lain daun suruhan, tumpang angin, atau tumpang air. Tanaman sirih cina biasanya di anggap sebagai tanaman gulma dan tidak memiliki nilai ekonomis. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat sirih cina dan cara pengolahannya pun cukup mudah.

Sirih cina merupakan herba musiman yang berakar dangkal dan secara ilmiah merupakan keluarga dari Piperaceae (tumbuhan Peperomia). Tumbuhan Peperomia sebagian besar ditemukan tumbuh di tempat lembab, teduh, berhabitat tropis, dan merupakan tanaman endemik Asia dan Amerika.

Sirih cina dapat digunakan sebagai tanaman hias, obat-obatan, dan sebagai tanaman pangan di berbagai segmen masyarakat asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Budidaya sirih cina sangat mudah dan terlihat menarik di mana saja – baik outdoor maupun indoor. Biasanya, tanaman ini tidak menghasilkan bunga dan dapat di kenali dengan mudah karena memiliki tangkai berwarna hijau muda atau hijau pucat.

Di luar negeri, orang menyebut sirih cina sebagai shiny bush atau clearweed.

Budidaya Sirih Cina: Superfood Yang di Anggap Sebagai Gulma

Karakteristik tanaman

Sirih cina memiliki daun yang mengkilap tumbuh, bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 40 cm dan memiliki tekstur daun yang agak tebal, berbentuk hati, memiliki batang sukulen, dan memiliki biji-biji yang bentuknya seperti titik-titik kecil.

Daunnya mengkilap dan mungil, sehingga sangat menarik jika di tanam didalam pot.

Sirih cina dapat menghasilkan bunga kecil, berbentuk seperti tonjolan kecil dan tumbuh di ketiak daun.

Buah dari tanaman ini kecil bergerigi, lonjong atau bulat, yang awalnya berwarna hijau tetapi kemudian berubah menjadi hitam.

Pencahayaan matahari

Sirih cina tumbuh dengan baik dengan pencahayaan matahari yang konstan selama 6 – 8 jam per hari. Jika Anda menanamnya di dalam pot, maka Anda bisa meletakkannya di dekat jendela yang menghadap ke timur atau utara untuk pertumbuhan terbaik.

Tanaman ini juga dapat tumbuh di bawah penerangan lampu neon, yang membuatnya ideal untuk gedung perkantoran atau gedung komersial.

Sirih cina ideal tumbuh di lingkungan dengan udara yang sejuk dan bersuhu 18°– 24° Celcius.

Penyiraman dan Pemberian Pupuk

Tanah yang lembab adalah tanah favorit sirih cina. Cukup di siram secukupnya, dan pastikan tempat penanaman memiliki drainase yang baik agar air tidak tertahan atau tergenang.

Tanah yang menjadi media tanam harus lembab, tetapi tidak basah. Saat awal penanaman, beri pupuk cair encer.

Tanah & Transplantasi

Tanaman ini biasanya memiliki sistem perakaran yang tidak luas dan bersifat dangkal, yang membuatnya ideal sebagai tanaman taman dalam ruangan. Campuran tanah yang ideal adalah kombinasi yang sama antara perlit dan lumut gambut.

Tambahkan kerikil halus ke tanah untuk memberi udara yang cukup untuk pertumbuhan yang lebih baik. Tanaman ini juga tumbuh dengan baik di lumut lembab, oleh karena itulah sering kita menemukannya tumbuh secara liar di samping sungai.

Perawatan dan Pemeliharaan

Peperomia tidak boleh ditempatkan di tempat yang terlalu gelap atau terlalu panas. Jika pertumbuhannya terlihat melambat, itu berarti tanaman ini tidak menerima cukup cahaya. Namun, terlalu banyak sinar matahari langsung dapat mengakibatkan daunnya menjadi kecokelatan.

Tempat yang terbaik untuk menanam sirih cina adalah dengan menempatkannya di bawah naungan, di mana tanaman mendapat sinar matahari pagi atau menerima sinar matahari yang disaring melalui cabang-cabang pohon.

Pembibitan atau Penanaman Ulang

Propagasi sebagian besar spesies Peperomia dilakukan melalui stek daun. Ambil daun yang paling besar dari tanaman sirih cina lalu kubur di media tanah pembibitan. Tempatkan di tempat yang terang dan hangat sampai pertumbuhan baru terlihat.

Hama atau Penyakit sirih cina

Tanaman ini jarang diserang hama yang serius, tetapi Anda harus mewaspadai munculnya tungau laba-laba dan jamur.

Sirih cina rentan terhadap berbagai penyakit jamur, termasuk layu verticillium, busuk batang sclerotium, busuk akar pythium, daun phytophthora, busuk batang, bercak daun myrothecium, rhizoctonia, cercospora, dan antraknosa.

Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang tepat untuk melindunginya dari penyakit-penyakit tersebut.

Manfaat Sirih Cina Untuk Kesehatan

Spesies Peperomia memiliki banyak kegunaan etnomedisinal, karena memiliki sifat analgesik, kemoterapi, dan anti-inflamasi.

Batang muda dan daun sukulennya dapat di olah menjadi makanan. Sirih cina biasanya direbus dan digunakan sebagai sayuran atau bumbu dalam salad, terutama di Vietnam, Thailand dan Filipina.

Tanaman ini memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang renyah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang budidaya sirih cina, semoga memberikan wawasan baru bagi pengunjung IndoGado yang budiman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.