Keindahan Gili Di Pesisir Timur Lombok Yang Harus Kamu Kunjungi!

Bagian timur Lombok masih merupakan bagian pulau yang belum banyak terjamah dan masih terpencil. Uniknya, di bagian timur Lombok initerdapat beberapa Gili (pulau kecil) yang tidak terlalu populer, namun memiliki keindahan yang sangat memukau. Setidaknya ada empat gili yang bisa Anda kunjungi disini, yaitu Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Kapal dan Gili Lampu.

Lombok Timur – Kepulauan Gili Yang Mempesona

Jika Anda ingin merasakan surga wisata di Lombok, Anda harus mengunjungi gili-gili ini. Terutama jika Anda mencari tempat snorkeling yang bagus dengan karang hidup yang berwarna-warni dan ikan yang memiliki berbagai warna dan corak.

Transportasi menuju ke Lombok

Keindahan Gili Di Pesisir Timur Lombok Yang Harus Kamu Kunjungi!
Keindahan Gili Kapal

Untuk sampai ke Lombok hanya ada dua pilihan, yaitu menggunakan pesawat terbang dan kapal. Penerbangan beroperasi dari banyak kota di Indonesia ke Lombok dan dilayani oleh bandara internasional yang sudah menerima penerbangan dari dalam dan luar negeri, misalnya dari Singapura atau Kuala Lumpur.

Untuk menemukan penerbangan terbaik dan termurah untuk perjalanan Anda ke Lombok, silakan cek promosi dari travel online daring seperti Traveloka, PegiPegi atau Tiket.com. Di sana Anda dapat membandingkan harga, waktu keberangkatan, durasi penerbangan, dan maskapai penerbangan yang berbeda.

Anda bisa naik kapal ke Lombok dari Bali atau Sumbawa. Ada perbedaan antara speed boat dan perahu lokal, karena tidak hanya harga, tetapi durasi perjalanan dapat sangat bervariasi.

Akomodasi di Lombok

Lombok adalah pulau yang relatif besar dan menawarkan kemungkinan yang hampir tak terbatas untuk menginap di hotel-hotel terbaik. Baik di Kuta selatan, di ibu kota Mataram atau di pusat wisata Senggigi di pantai barat – di Lombok Anda akan menemukan banyak akomodasi di semua rentang harga. Dari yang murah meriah, sampai dengan hotel kelas ekslusif.

Kami secara pribadi merekomendasikan untuk menginap di Senggigi dan sekitarnya. Hotel yang bagus adalah Qunci Villas, yang terletak di pantai terpencil dan tenang. Pusat kota Senggigi hanya berjarak dekat dengan hotel ini. Dan disekitar Qunci Villas, Anda akan menemukan beberapa restoran dan toko.

Bagaimana menuju ke gili-gili ini

Anda dapat melakukan tur ke pulau-pulau Gili di Lombok Timur sebagai trip satu hari, tetapi Anda harus berangkat pagi-pagi sekali. Perjalanan dari Senggigi ke pelabuhan kecil yang tidak terlalu jauh dari Gili di timur, yang terletak sekitar 10 kilometer ke utara dari pelabuhan besar Labuhan Lombok, memakan waktu sekitar 2 jam.

Perjalanan ke timur Lombok itu sendiri sudah memiliki 2 pemandangan menarik: panorama indah pemandangan gunung berapi Gunung Rinjani dan hutan-hutan lebat sebelum sampai di pelabuhan.

Gili Lampu (Gili Petagan)

Biasanya pemberhentian pertama dari tur gili ini adalah pulau bakau Gili Petagan. Pulau ini hampir tidak memiliki pantai namun menjadi tempat yang sangat ideal melakukan snorkeling karena banyak terumbu karang dan habitat ikan disini.

Gili Kapal (Gili Gosong)

Keindahan Gili Di Pesisir Timur Lombok Yang Harus Kamu Kunjungi!
Keindahan Gili Kapal

Selanjutnya adalah Gili Kapal – yang sebenarnya hanya pulau pasir kecil di mana Anda dapat berlari dan sampai pada ujung lainnya dalam beberapa hanya detik. Inilah sebabnya mengapa kadang-kadang disebut Gili Gosong (“Gosong” berarti gundukan pasir). Tergantung pada apakah air pasang atau surut. Jika air pasang, bisa saja pulau ini hampir tidak dapat diakses karena hampir sepenuhnya berada di bawah air.

Jadi jelas, waktu yang terbaik adalah mengunjungi Gili Kapal adalah saat air surut. Selama waktu ini airnya sangat datar, dan Anda dapat berenang atau ber-snorkeling.

Air di gili ini sangat bersih jika di bandingkan dengan gili-gili lain di Lombok, bahkan sekilas sebening air yang ada di Maldive.

Dan jika Anda beruntung, Anda dapat “memiliki” pulau pasir ini sepenuhnya untuk diri Anda sendiri. Yakni, ketika tidak ada wisatawan lain yang berkunjung. Benar-benar luar biasa!

Ok, ada satu catatan: di pulau ini tidak ada tempat untuk berteduh dan tepat berada di bawah terik matahari yang menyengat. Anda harus berhati-hati! Jangan lupa penutup kepala dan selalu pakai krim pelindung matahari.

Gili Bidara

Keindahan Gili Di Pesisir Timur Lombok Yang Harus Kamu Kunjungi!
Gili Bidara

Setelah bersantai di Gili Kapal, persinggahan berikutnya adalah Gili Bidara. Gili ini jauh lebih besar dan memiliki dermaga kecil. Di depan dermaga ini, ada tempat snorkeling yang indah dengan banyak karang dan ikan.

Selain itu, Gili Bidara tidak berpenghuni dan sangat tenang. Jika Anda memiliki cukup waktu, Anda bahkan dapat berjalan-jalan santai di sekitar pulau.

Gili Kondo

Gili Kondo adalah pulau Gili yang paling terkenal dan populer di timur. Bisa dibilang ini seperti Gili Trawangan di Lombok Timur. Penduduk setempat suka datang ke Gili Kondo karena ini adalah pulau untuk berkemah yang populer. Di pantai utama Anda dapat menemukan beberapa tempat untuk duduk (disebut Berugak) dan juga sebuah toko kecil yang menjual makanan ringan, mie instan dan minuman.

Selain itu, di sini Anda bisa snorkeling dengan sempurna dan melihat banyak karang. Saran kami adalah, pastikan Anda ikut berpartisipasi untuk menjaga kelestarian terumbu karang di pulau ini.

Kesimpulan

Tur berkeliling gili di pesisir timur Lombok sangat kami rekomendasikan untuk semua orang! Meskipun perjalanan ke timur sangat jauh, namun semua itu akan terbayar dengan kekaguman yang akan Anda rasakan, terutama ketika Anda menginjakkan kaki di Gili Kapal yang sangat ikonik dan memiliki pemandangan indah. Keindahan gili ini tidak akan Anda temukan di tempat lain di Lombok.

Sama seperti pulau-pulau Gili di Sekotong, sebelah tenggara Lombok, pulau-pulau di sini tidak bisa dibandingkan dengan 3 Gili Trawangan, Meno dan Air yang terkenal. Bahkan di sini lebih belum berkembang daripada di Gili Nanggu.

Perlu diingat bahwa perjalanannya cukup panjang di pesisir timur pulau ada beberapa kota kecil, di mana ada banyak lalu lintas. Mungkin lebih baik pergi dengan dari Senggigi atau Mataram. Kami sarankan Anda untuk menyewa mobil dan sopir yang tahu jalan untuk tur semacam ini.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.