Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Daihatsu Charade winner salah satu mobil hatchback yang di produksi oleh daihatsu motor corp. Mobil ini bisa di bilang salah satu mobil hatchback terlaris di kelasnya. Hal ini terbukti dari penjualan charade pada jamannya yang laku keras. Memang bisa di bilang body winner ini adalah terusan produksi dari daihatsu charade CX yang pada saat itu masih memakai mesin 3 silinder.

Perbedaan daihatsu charade winner dengan kakaknya daihatsu charade CX adalah pada bagian dalam dapur pacu serta body dan interior yang agak sedikit lebih modern dan sporty.

Pada dapur pacu charade CX masih mengadopsi mesin 1000cc dengan 3 silinder, sedangkan pada mesin charade winner sendiri sudah menggunakan mesin varian terbaru 1300cc 16 katup dengan 4 silinder yang mana mobil ini mampu berakselerasi dengan baik tanpa getaran yang berarti seperti yang sering terjadi pada charade CS.

Charade CX winner sendiri lahir pada tahun 1987 sampai dengan tahun 1993, namun pada tahun tahun 1991 ada sedikit perubahan facelift yang di tetapkan dari yang tadinya bernama charade CX saja kemudian berubah nama menjadi charade CX winner. Charade CX sendiri lebih banyak di produksi dengan varian 3 pintu sebagai mobil sport style sedangkan untuk charade winner merambah ke mobil komersil dengan varian 5 pintu.

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Daihatsu Motor Corp bisa di bilang salah satu pemain mobil hatchback yang bersaing dengan beberapa brand dari jepang untuk meramaikan pasar otomotif indonesia pada masa itu.

Charade juga mengeluarkan 2 varian tipe mesin untuk charade CX winner, hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk menyaingi rival sekelasnya seperti mobil produksi honda civic wonder versi hatchback, civic estilo, mobil produksi mazda trendy, mobil produksi toyota starlet, mobil produksi suzuki amenity, mobil produksi mazda astina dan juga fiat uno dari itali yang rata-rata dari mobil hatchback di atas adalah rival berat dari daihatsu charade winner sendiri.

Bahkan jika di bandingkan dengan mobil hatchback lainnya daihatsu CX winner sampai saat ini masih exis dan masih bersaing keras dengan toyota starlet mengingat kedua jenis mobil ini adalah mobil jenis hatchback lawas yang paling gampang dan murah spare partnya yang masih tersedia sampai ke pelosok nusantara.

Untuk perawatan charade CX winner sendiri tergolong cukup gampang dan mudah seperti mobil lainnya hanya saja mobil ini perlu perawatan extra pada bagian timing beltnya yang harus di ganti jika anda menempuh jarak yang sudah di tentukan, agar performa charade CX winner tidak terganggu lakukan penggantian timing belt tepa pada waktunya berikut dengan komponen seperti oli, busi dan komponen lainnya.

Review Exterior Charade CX Winner

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Dari segi tampilan charade CX winner sendiri tidak kalah dengan mobil jenis hatchback lainnya, charade winner sendiri terbilang lebih bergaya sporty pada bagian exteriornya yang mana pada bagian samping roda belakang agak tertutup oleh fender adalah salah satu ciri khas kesan sporty yang tidak di miliki oleh mobil hatchback lainnya.

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Sedangkan pada head lamp bagian depannya charade CX winner sendiri sudah memakai head lamp dengan bentuk yang horizontal alias tidak kotak lagi yang membuat gayanya tidak kalah saing dengan mobil sekelas sedan yang pada tahun 90an merajai jalanan.

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Kini kita akan merambah pada bagian belakang body charade CX winner, saat melihatnya terpintas mobil ini berbentuk agak melebar pada bagian sisi belakangnya di padu dengan stop lamp yang berbentuk horizontal untuk menyeimbangkan membuat gaya sporty terpancar dari sisi bagian belakang apalagi jika sedikit di modifikasi agak ceper mobil charade CX winner ini terlihat sangat manis sekali.

Review Interior charade CX Winner

Mengintip pada bagian sisi kabin dari daihatsu charade CX winner terlihat kesan yang simpel dan tidak terlalu menor dengan dashboard yang tidak terlalu berbeda dengan charade sebelumnya. Namun sayangnya meskipun charade winner terbilang mobil hatchback yang berkelas pada masanya belum terdapat fitur seperti power window, power steering, central lock dan juga electric mirror yang sebagian sudah di miliki mobil jenis hatchback lainnya.

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Namun anda tidak perlu khawatir akan hal ini, fitur-fitur electric yang belum tersedia seperti diatas anda bisa mengakalinya dari part mobil lain kemudian di pasang pada charade CX winner milik anda.

Review Mesin Charade CX Winner

Mesin charade CX winner sendiri memiliki dua varian berbeda hal ini bisa anda lihat pada bagian kode bodynya, jika kode bodynya tertulis G100 maka dapat di pastikan charade tersebut adalah varian dari CX yang mengadopsi mesin SOHC 1000cc 6 katup dengan 3 silinder, mesin ini juga di pakai pada mobil charade CS, charade XG dan juga hijet 1000.

Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade CX Winner

Namun Jika anda menemukan kode body tertulis G102 maka dapat di pastikan mesinnya jauh berbeda dengan varian mesin charade dengan kode body G100. Mesin yang di usung oleh kode G102 sendiri adalah mesin dengan kapasitas SOHC 1.3 atau dengan kata lain SOHC 1300cc 4 silinder dengan 16 katup segaris yang performanya jauh berbeda jika di bandingkan dengan charade berkode body G100.

Kelebihan Dari Daihatsu Charade CX Winner

Kelebihan dari daihatsu charade CX winner sendiri jika di bandingkan dengan mobil hatchback lainnya adalah spare part yang lebih murah dan terjangkau serta tersedia sampai pelosok negeri.

Akselerasi lebih responsif dan irit bahan bakar minyak yang konsumsi BBM nya hingga 1:15 atau dengan kata lain 1 liter bisa menampuh jarak 15 kilo meter, sangat irit bukan?.

Perawatan dan spare part mesin sangat murah dan melimpah, serta banyak sekali mekanik mesin pinggiran yang mengerti mesin dari daihatsu charade ini. Jadi bisa di simpulkan anda tidak perlu montir khusus jika terjadi trouble di jalan.

Harga jual beli yang murah dan stabil membuat mobil ini salah satu alternatif dari mobil hatchback lainnya yang layak untuk di miliki.

Review Kekurangan Charade CX Winner

Kekurangan dari daihatsu charade CX winner sendiri meliputi kaki-kakinya yang ringkih, masih memakai timing belt, harga jual kembali murah, mesin sering panas (overhit) dan kompressor AC nya kecil yang menyebabkan kabin kurang dingin jika berada pada musim yang sangat panas.

Ok guys segitu dulu sharing kita pada kesempatan kali ini mengenai Ini Dia Kelebihan Serta Kekurangan Daihatsu Charade Winner semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. (Done)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.