Ketahui! 3 Permasalahan Yang Sering Timbul Pada Hijet 1000

Jika anda penggemar mobil-mobil lawas atau mobil tua pada kesempatan ini kita akan membahas apa saja masalah yang sering di timbulkan oleh hijet 1000 salah satu mobil tua yang di produksi oleh produsen asal negeri sakura Daihatsu Motors Corp yang kini sudah menjadi hak milik dari Toyota dimana saham daihatsu sudah diakuisisi oleh Toyota.

Walaupun daihatsu sudah diakuisisi oleh toyota namun jangan cemas untuk spare part mobil lawas daihatsu tetap memproduksinya untuk membuktikan kesetiaannya kepada konsumen di indonesia, apalagi untuk daihatsu hijet 1000 masih banyak spare partnya yang di jual di pasaran jadi jangan takut kehabisan spare part untuk mobil-mobil lawas buatan daihatsu.

Ngomongin soal daihatsu hijet 1000 pastinya pernah terbersit apa saja kekurangan dan permasalah dari daihatsu hijet 1000 ini, disini kita akan mengupas secara mendalam apa saja yang sering bermasalah pada hijet 1000 dan bagaimana cara penanganan yang tepat serta hemat biaya agar tidak salah dalam mengambil langkah yang membuat kocek jebol. Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 yang sudah di rangkum secara rapih untuk anda penggemar hijet 1000.

Ketahui! 3 Permasalahan Yang Sering Timbul Pada Hijet 1000

Mesin Hijet Sering Mogok?

1. Mesin Panas (Over Hit)

Temperature mesin naik bahkan mencapai ukuran yang tidak normal adalah masalah klasik pada hijet 1000, awal dari permasalahan ini banyak orang yang bilang hijet 1000 itu rewel mesinnya cepat panas dan suka mogok kalau di bawa jalan jauh.

Sebenernya pemikiran seperti ini harus di jauhkan dari benak anda para owner hijet 1000, mengapa? karena daihatsu tidak sembarangan saat menciptakan suatu mobil untuk di pasarkan ke konsumen. Permasalahan panas yang sering di timbulkan oleh sebuah mobil itu adalah hal yang wajar bahkan hal ini tidak terjadi pada hijet 1000 saja kok, mobil yang lainnya juga sering mengalami hal seperti demikian.

Masalah mobil hijet 1000 cepat panas (over hit) terjadi karena pada sirkulasi air radiator yang kurang bagus, pada jaman dulu kan tidak ada yang namanya cooland jadi bisa di bayangkan pakai air sumur bahkan air sungaipun jadi untuk mengisi air radiator mobil maka dari itu sering timbulnya kerak atau korosi pada kisi-kisi atau lubang sirkulasi pendingin yang ada di dalam radiator, sehingga air yang berfungi sebagai pendingin tidak berputar normal akibat mampet.

Namun ada hal lain juga selain radiator mampet biasanya hijet 1000 sering panas ketika habis turun mesin, hal ini terjadi karena packing silinder kop nya tidak original dan lubang kompresi yang ada di packing tidak sama dengan lobang bawaan packing sebelumnya.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya bawalah packing silinder sebelum anda membeli packing silinder kop yang baru dan samakan lubang-lubang kecil untuk kompresin yang terdapat pada packing silinder kop. Jika masih terjadi panas atau over hit juga coba packing silindernya di double agar kompressi di dalam mesin tidak terlalu padat yang membuat mesin panas dan mati karena over hit.

2. Mogok Saat Hujan

Ini juga salah satu masalah klasik dalam dunia mobil hijet mogok di saat hujan deras tiba di karenakan platina hijet kena cipratan air hujan membuat kesan si hijet 1000 ini mobil rewel. Banyak yang salah kaprah masalah yang di timbulkan hijet 1000 saat hujan yang selalu saja mogok, untuk menangani masalah ini silakan tutup bagian platina hijet 1000 dengan menggunakan plastik tebal yang besar atau bisa juga di bikin menggunakan girigen minyak yang di potong dan di sesuaikan dudukannya untuk melindungi dari cipratan air hujan.

3. Rem Tidak Pakem

Saat terendam genangan air biasanya rem hijet 1000 tidak pakem bahkan harus di kocok beberapa kali barulah rem berfungsi normal, hal ini di karenakan banyak kotoran pada kampas rem hijet yang masih menggunakan rem tromol pada keempat rodanya.

Untuk mengatasinya jika belum ada dana untuk mengganti dengan rem cakram anda bisa membersihkan bagian dalam rem tromol dari kotoran tanah, yang membuat rem kurang pakem dengan menggunakan bensin. Bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan sebelum menempuh perjalanan jauh agar tidak terjadi rem blong saat hujan tiba.

Jika ingin mengganti rem tromol hijwt 1000 menjadi rem cakram sebaiknya gunakan punya carry 1.0 dan punya zebra 1.3 agar tidak terlalu banyak perubahan pada bagian kaki-kakinya.

Perlu di ingat mesin hijet adalah salah satu mesin mobil yang tahan banting sampai saat ini, hijet yang sering mogok bukan karena mesinnya yang rewel namun memang perlu di perhatikan secara khusus saja dalam perawatan agar tetap prima dan yang pasti tidak akan mudah mogok (aman) saat di ajak jalan jauh.

Ok guys segitu dulu sharing nya mengenai Permasalahan Yang Sering Timbul Pada Hijet 1000 semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk para pecinta mobil tua di indonesia. (Done)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.