4 Rahasia Merawat Pucuk Merah Agar Cepat Berdahan?

Bagaimana Merawat Pucuk Merah Agar Cepat Berdahan? – Pucuk merah (Syzygium paniculatum) merupakan tanaman yang dapat di pangkas dan di bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah seni yang menarik. Tanaman yang dapat di bentuk dan di pangkas seperti ini sering di sebut sebagai tanaman topiary.

Tanaman topiary seperti pucuk merah sangat menyenangkan untuk ditanam, asalkan Anda memiliki informasi dan pengetahuan tentang perawatan dan kebutuhan tanaman topiary sejak awal. Tanaman pucuk merah sangat populer di Indonesia karena daunnya yang kecil dan cabang-cabangnya yang rapat dapat merespon dengan baik pada seluruh proses pemotongan dan pembentukan tanaman.

Daun muda pucuk merah berwarna kemerahan dengan aksen mengkilap. Namun seiring dengan berjalannya waktu, daun ini akan berubah menjadi dewasa dan mengalami perubahan warna menjadi hijau atau hijau tua.

Kunci dari kesuksesan perawatan tanaman topiary sejenis pucuk merah terletak pada kesabaran pemilik dan kecepatan pertumbuhan tunas mudanya. Oleh karena itulah, pemilik tanaman ini secara ekstra berusaha merawat pucuk merah agar cepat berdahan lebat.

Nah, untuk Anda yang ingin belajar merawat pucuk merah, tips berikut merawat pucuk merah agar cepat berdahan berikut ini mungkin akan sangat membantu. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Merawat Pucuk Merah Agar Cepat Berdahan

Merencanakan pembentukan

Proses pembentukan pucuk merah agar terlihat indah sebenarnya di mulai pada saat tanaman pucuk merah masih berukuran kecil. Potonglah dahan-dahan pada bagian tengah batang, dan biarkan pucuk merah tumbuh menjadi lebih tinggi tanpa ada dahan di bagian tengah batangnya. Fokuskan perawatan dahan dan daun yang mulai tumbuh di bagian batang yang lebih tinggi.

Pencahayaan

Pucuk merah cukup tangguh dan membutuhkan sedikit perawatan khusus ketika diberikan kondisi pertumbuhan yang tepat. Pucuk merah dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh di luar ruangan, terutama pada tempat yang mendapat sinar matahari penuh pada pagi hari, di ikuti dengan naungan parsial di sore hari.

Jangan letakkan pucuk merah di tempat yang teduh atau terlindung dari sinar matahari langsung. Pucuk merah cenderung kehilangan warna daun dan memiliki batang utama yang lebih panjang jika berada di tempat seperti ini. Bahkan, pertumbuhan kebiasaan pertumbuhan yang tidak diinginkan untuk tumbuha tipe topiary. Saat menanam pucuk merah sebagai tanaman kontainer di dalam ruangan, letakkan pucuk merah di jendela yang terang, menghadap ke selatan atau barat.

Tanah / Air

Pucuk merah sebagai topiary yang tumbuh di luar ruangan tumbuh subur di semua jenis tanah kebun yang dikeringkan dengan baik dan tidak ideal di tanam pada tanah yang cenderung tetap basah untuk waktu yang lama. Jika tanah yang Anda gunakan untuk menanam mengandung banyak lempung, tambahkan pasir saat penanaman untuk meningkatkan drainasenya.

Untuk tanaman yang ditanam dalam wadah, Anda dapat menggunakan tanah pupuk campuran yang biasanya di jual bebas di pasar tanaman hias. Pucuk merah cukup toleran terhadap musim kering, tetapi penyiraman secara teratur selama beberapa musim pertama membantu tanaman mengembangkan sistem akar yang kuat dan dalam.

Selama kekeringan ekstrem, menyirami tanaman seminggu sekali membantu membuatnya tetap tumbuh dengan baik.

Perawatan lainnya

Pemupukan pucuk merah dapat di lakukan secara teratur untuk membantu menjaga dedaunan tanaman tetap hijau cerah dan mendukung pertumbuhan yang stabil serta membantu proses penggandaan dahan.

Gunakan pupuk dalam jumlah yang seimbang. Lakukan pemupukan sekali sebulan dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk perangsang pertumbuhan. Selama musim hujan, hentikan dulu pemupukan. Tanaman ini cukup sensitif terhadap penumpukan mineral terutama garam dalam air, terutama saat ditanam dalam wadah, karena dapat mengakibatkan keguguran daun dan terhentinya proses pertumbuhan.

Simpulan

Sebagai tanaman topiary yang sangat populer di Indonesia, pucuk merah merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah untuk di rawat karena ideal tumbuh di negara beriklim tropis sebagaimana dinegara kita. Dengan perawatan yang tepat maka tidak sulit untuk mendapatkan pucuk merah yang sehat dan tumbuh sempurna.

Nah, demikianlah sedikit tips tentang bagaimana cara merawat pucuk merah agar cepat berdahan dan berdaun lebat. Semoga bisa memberikan pengetahuan untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.