Super Lengkap! Panduan Tur dan Trekking ke Gunung Batur Bali

Bali adalah salah satu pulau dengan destinasi wisata yang sangat epik, terutama destinasi wisata yang menawarkan pemandangan sunset dan sunrise. Bali sendiri, tanpa pemandangan matahari terbit dan terbenam, sudah merupakan pulau indah yang unik. Ada hutan, sawah, pantai tersembunyi, dan budaya yang bersahaja. Anda hanya merasa seperti di rumah sendiri saat berada di Bali.

Lengkap! Panduan Tur dan Trekking ke Gunung Batur Bali

Namun, jika Anda ingin menambahkan sedikit petualangan saat berwisata di Bali, maka Anda bisa mengikuti panduan berikut ini. Dalam panduan tur kali, kami akan membawa Anda untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit paling spektakuler yang pernah Anda lihat!

Bahkan lebih baik lagi, karena Anda bisa menyaksikannya dari puncak gunung berapi aktif. Pokoknya keren abis, apalagi disini Anda mengabadikan semua momen epik yang Instagramable.

Super Lengkap! Panduan Tur dan Trekking ke Gunung Batur Bali
Panduan Tur dan Treking ke Gunung Batur Bali

Perjalanan Menuju Ke Bali

Untuk bepergian ke Bali pada dasarnya hanya ada dua pilihan: kapal dan pesawat terbang. Penerbangan beroperasi dari banyak kota di Indonesia ke Bali, tetapi ada juga banyak penerbangan internasional. Ini termasuk misalnya Emirates dari Dubai, Cathay Pacific dari Hong Kong, Thai Airways dari Bangkok dan banyak lagi.

Untuk menemukan penerbangan terbaik dan termurah untuk perjalanan Anda ke Bali, kami sarankan Anda untuk mengecek apps travel online daring. Di sana Anda bisa mendapatkan semua informasi tentang harga, waktu keberangkatan, durasi penerbangan, dan berbagai maskapai penerbangan untuk menemukan penawaran terbaik untuk Anda. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan gambaran budget transportasi yang lebih hemat.

Ada kapal ke Bali dari Lombok, Kepulauan Gili atau Nusa Penida/Nusa Lembongan. Anda memiliki pilihan antara feri lokal sederhana atau speedboat. Tidak hanya harga yang berbeda, tetapi durasi perjalanan perahu sangat tergantung pada perahu mana yang Anda pilih

Akomodasi di Selama Berada di Ubud

Salah satu tempat yang bagus untuk menginap di Ubud adalah Sapodilla Ubud, yang menawarkan lokasi yang strategis. Jika Anda ingin menginap di tengah-tengah kompleks yang hijau dan terawat dengan baik, maka Anda berada di tempat yang tepat. Ada juga kolam renang dan yang patut disebutkan adalah layanan hebat dari staf dan sarapan yang lezat. Anda juga bisa menemukan lebih banyak hotel di Ubud di apps travel online favorit Anda.

Mereka yang pergi ke Bali dan telah menghabiskan satu atau dua hari di sini mungkin juga pernah mendengar tentang Gunung Batur.

Gunung Batur adalah gunung berapi aktif, dikelilingi oleh danau dan beberapa gunung lainnya. Danau Batur adalah danau terbesar di Bali. Pemandangannya sendiri sangat menakjubkan dan jika Anda berhasil mendaki ke sini di pagi hari, Anda akan menemukan banyak pemandangan yang luar biasa. Matahari terbit di pagi hari menawarkan pertunjukan warna langit yang luar biasa yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Beberapa fakta penting: gunung berapi ini memiliki ketinggian 1717 meter dan letusan terakhir terjadi pada tahun 2000. Gunung berapi ini pertama kali meletus 30.000 tahun yang lalu dan masih dikenal sebagai salah satu letusan terbesar di bumi.

Bagaimana cara kita menuju Gunung Batur

Gunung berapi ini terletak di utara Bali dan biasanya sudah include di dalam paket tur yang ditawarkan dari sebagian pemandu wisata tempat di pulau ini.

Untuk menuju Gunung Batur, kami merekomendasikan Anda untuk ikut paket tur seperti ini, karena Anda pasti tidak ingin mendaki gunung berapi sendirian. Rata-rata Anda harus membayar 200-300 ribu rupiah per orang. Harga biasanya sudah termasuk transportasi, senter, sarapan, dan pemandu yang siap berjalan naik dan turun gunung bersama Anda.

panduan-tur-dan-trekking-ke-gunung-batur-bali

Paket tur matahari terbit Gunung Batur

Pada dini hari (antara jam 2 dan 3 pagi) Anda akan dijemput dari tempat Anda menginap dan dibawa ke kaki gunung Batur. Beberapa pengelola tur juga menawarkan pemberhentian untuk sarapan terlebih dahulu – bukan ide yang buruk, karena Anda tidak boleh trekking dengan perut kosong dan keroncongan, hehehe.

Kemudian Anda akan bekali dengan senter dan mulai melangkah menaiki gunung. Pada awalnya Anda mungkin berpikir bahwa ini akan menjadi perjalanan yang mudah, tetapi Anda harus selalu berhati-hati. Jalan menuju puncak gunung sangat curam. Ada batu dan batu besar di mana-mana, jadi Anda harus berhati-hati dan selalu memperhatikan pijakan kaki. Dari kejauhan, biasanya Anda juga bisa melihat wisatawan lain dengan senter mereka.

Setelah sekitar 1 hingga 1,5 jam melakukan pendakian, Anda akhirnya akan tiba di area puncak gunung. Perjalanan ini penuh dengan penuh keringat tapi benar-benar worth!

Puncak Gunung Batur memiliki suhu yang dingin. Jadi pastikan untuk membawa sweater dan jaket hangat, meskipun keringat mungkin bercucuran selama pendakian.

Ketika Anda sampai di puncak, langit masih gelap dan Anda hanya dapat melihat beberapa lampu di desa-desa sekitarnya. Jika saat itu sedang berawan – maka Anda akan berada di atas awan, karena biasanya awan akan menyelimuti Gunung Batur. Seiring terbitnya matahari, langit akan berubah warna. Pertama dalam langit akan berwarna merah gelap, kemudian oranye, merah muda, dan akhirnya kuning. Perpaduan warna langiy yang unik, dan hanya bisa dihasilkan oleh kebesaran Yang Maha Kuasa.

panduan-tur-dan-trekking-ke-gunung-batur-bali

Warna-warna ini sangat mempesona. Anda berdiri di sana dan menyaksikan matahari perlahan-lahan terbit. Sementara itu, jangan lupa untuk mengambil foto-foto yang luar biasa!

Tip: kecil kemungkinannya Anda sendirian di puncak dan dapat menikmati pemandangan sendirian. Rata-rata, sekitar 200 wisatawan melakukan perjalanan dengan tur seperti ini setiap pagi untuk menikmati keindahan matahari terbit.

Jika memungkinkan, hindari bulan Desember, Juli dan Agustus, karena biasanya hujan turun lebat pada bulan-bulan tersebut.

Ketika matahari bersinar cukup terang, biasanya sarapan pun dimulai. Pemandu tur akan menyiapkan beberapa makanan ringan dan Anda bisa menikmatinya sambil duduk dan menikmati pesona alam. Ada juga “kios” kecil di bagian atas gunung di mana Anda dapat membeli air dan makanan ringan. Para penjual tentu saja adalah orang-orang kuat dan terbiasa menjalani medan menanjak, karena mereka berjualan disana setiap hari.

Setelah itu, pemandu tur akan mengajak kita turun dari Gunung Batur, di mana pemandu akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang gunung berapi. Anda akan melewati habitat monyet-monyet yang sangat lucu. Menjelang akhir perjalanan, Anda akan melewati berbagai ladang dan jalan setapak berakhir di jalan beraspal.

Jalanan turun tidak semudah yang Anda pikirkan – Anda bisa tergelincir jika tidak hati-hati. Itulah mengapa ada baiknya Anda mengenakan sepatu yang benar-benar didesain untuk hiking. Penduduk setempat yang sudah mahir dan hafal dengan rute perjalanan mengitari gunung biasanya hanya mengenakan sendal jepit. 😀

Seluruh perjalanan ini memakan waktu sepanjang pagi. Tetapi, sekali lagi, its worth! Karena, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit yang paling indah di puncak Gunung Batur.

Tips untuk Trekking di Gunung Batur

  • Pesan tur dan pemandunya yang bersedua menjemput Anda di penginapan
  • Bawalah pakaian tebal dan hangat bersama Anda
  • Kenakan sepatu hiking yang anti selip
  • Bawalah air minum
  • Pastikan baterai ponsel (dan kamera) terisi penuh
  • Tidurlah lebih awal agar bisa tetap fit saat bangun dini hari

Apakah Anda pernah melakukan pendakian Gunung Batur? Kalo sudah, silakan berkomentar dan bagikan bagaimana pengalaman Anda saat pendakian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.