Penyebab Kopling Nyeplos Pada Wuling Confero Nik 2020

Wuling confero sendiri adalah mobil pabrikan cina yang bekerja sama dengan General Motor amerika serikat seperti halnya chevrolet. Namun mobil ini memang di produksi di cina, agar budget produksinya lebih rendah. Karena cina sendiri memang terkenal dengan produk-produk murahnya. Baik itu elektronik, otomotif sampai mainan anak sekalipun semuanya kebanyakan di produksi di negara tirai bambu.

Namun belakangan ini banyak yang beredar kalau mobil wuling itu rentan kerusakan dan rewel, terutama bagi pengguna mobil wuling confero. Banyak masalah yang dialami, dari mulai AC yang tiba-tiba tidak dingin dan yang paling parahnya lagi kopling wuling confero nyeplos atau ngelos ketika di injak, padahal unit baru di pakai beberapa bulan saja keluar dari dealer.

Bahkan ada beberapa user yang sudah lebih dari satu kali mengganti spare parts kopling wuling confero karena sering terkendala ngeplos padahal baru satu tahun pemakaian mobil.

Sudah banyak permasalahan ini di bahas oleh user confero, namun sampai saat ini pihak wuling seperti belum memberikan solusi yang berarti, sehingga banyak user wuling yang baru memiliki unit confero menyesalkan hal tersebut.

Penyebab Kopling Nyeplos Pada Wuling Confero Nik 2020

Padahal masalah tersebut terjadi karena master kopling pada bagian bawah yang berada di dalam gearbox sebagai pendorong kopling ketika saat hendak mengganti gigi pecah atau bocor. Usut punya usut ternyata tidak semua wuling confero mengalami hal seperti demikian.

Yang sering mengalami hal demikian banyak terjadi pada wuling tahun muda produksi 2020 2021 2022 karena material master kopling bawah sudah berbeda dari bahan material sebelumnya yang lebih kuat. Padahal bentuk fisiknya sama dan tidak ada bedanya sama sekali.

Jika terjadi kerusakan pada bagian master kopling ini, user akan di kenakan tarif ongkos pasang dan harga parts walaupun masih garansi. Karena wuling hanya melayani free service ketika kamu sekalian ganti oli. Namun jika tidak ganti oli maka layanan free service itu ditiadakan. Meskipun tidak semua dealer wuling seperti itu.

Ciri-Ciri Kopling Wuling Confero Ngeplos

Penyebab Kopling Nyeplos Pada Wuling Confero Nik 2020

1. Tidak Bisa Masuk Gigi

Mobil yang koplingnya nyeplos pastinya tidak akan pernah bisa memindahkan gigi perseling. Jika hal ini terjadi, usakahan jangan terlalu memaksa untuk memindahkan perseling gigi.

Jika di paksakan maka gearbox akan rusak dan menambah beban biaya service agar bisa normal kembali.

2. Minyak Pelumas Menetes Pada Bagian Gearbox

Biasanya jika master kopling confero bagian bawah jebol, maka untuk memastikannya, kamu bisa melihat ke bawah dari bagian tengah antara sambungan mesin dan gearbox.

Biasanya jika sudah rusak dan bocor, maka dari celah-celah tersebut keluar minyak pelumas yang menetes ke bawah. Sedangkan pada posisi penampungan minyak pada yang dekat booster rem akan berkurang dengan sigfikan.

Solusi Agar Kopling Wuling Confero Tidak Ngeplos

1. Menggunakan Minyak Pelumas Yang Kandungan Airnya Sedikit

Di dalam minyak pelumas, seperti minyak rem dan minyak master kopling biasanya terdapat kandungan air. Nah, kamu bisa memilih minyak rem dan minyak kopling dengan kadar air yang lebih rendah.

Hal ini berguna agar sil master kopling tidak mudah korosi dan bocor karena pemakaian minyak pelumas dengan kadar air yang tinggi. Apalagi untuk master kopling confero keluaran terbaru yang rentan sekali jebol dan rusak.

Penyebab Kopling Nyeplos Pada Wuling Confero Nik 2020

Pastikan kamu memilih minyak pelumas yang berkualitas, dan jangan memilih minyak pelumas yang harganya relatif murah. Karena minyak pelumas yang harganya murah, biasanya kandungan airnya lebih banyak.

Biasanya standart minyak pelumas untuk wuling confero memakai DOT 4, yang mana DOT 4 minyak pelumas yang memiliki kadar air yang sedikit. Sehingga tidak cepat merusak komponen master kopling bawah yang menyebabkan mudah nyeplos.

2. Menakan Kopling Dengan Hati-Hati

Untuk pengguna confero yang sering mengalami kopling ngelos, ada baiknya penekanan kopling harus hati-hati saat di injak. Jangan terlalu kasar pada saat menekan pedal kopling. Hal ini berguna agar master kopling tidak cepat rusak dan jebol.

Biasanya pemakaian mobil yang kasar akan menyebabkan usia komponen tidak bertahan lama. Terutama confero yang memiliki kekurangan pada bagian koplingnya.

Setidaknya dengan pemakaian yang hati-hati, kamu tidak perlu khawatir untuk jalan jauh dengan wuling confero.

3. Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Usahakan ketika kamu sedang service rutin pada kendaraan wuling confero semuanya di cek, terutama pada bagian bawa transmisi. Apakah ada kebocoran oli atau pelumas.

Jika terjadi kebocoran segeralah untuk mengganti parts yang bermasalah agar aman pada saat di bawa jalan.

4. Menyetel Tekanan Kopling

Untuk penyetelan tekanan kopling, terutama kopling hydrolik seperti confero harus di lakukan di bengkel langganan. Biasanya tekanan yang terlalu keras akan membuat master kopling bawah confero cepat bocor yang menyebabkan kopling nyeplos.

Usahakan tekanan kopling tidak keras dan lembut, agar tidak nyeplos di kemudian hari.

5. Mengganti Suku Cadang/Onderdil

Seperti yang kita sebutkan diatas, bahan material dari master kopling keluaran terbaru memang tidak sebaik keluaran lama. Sehingga kamu bisa mengakali atau menyuruh montir untuk mengganti parts tersebut dengan master kopling confero keluaran pertama tahun 2017.

Penyebab Kopling Nyeplos Pada Wuling Confero Nik 2020

Master kopling confero 2017 materialnya masih bagus dan sedikit berat jika di bandingkan dengan master kopling bawah keluaran terbaru. Dengan bagitu wuling confero kamu bisa dengan nyaman untuk di kendarai. Dan tidak perlu mengganti master kopling dalam waktu yang dekat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.