Perbedaan Spesifikasi Mesin Calya dan Sigra

Toyota calya dan Daihatsu sigra memang tampak kembar dari segi penampilannya, namun tahukah anda jika kedua jenis ini memiliki perbedaan yang sangat jauh dari performa mesin sampai dengan perawatan mesinnya.

Mobil dengan Small MPV dengan kelas LCGC sebanding dengan ayla dan juga agya ini ternyata banyak sekali menyimpan perbedaan, ibarat kata “serupa tapi tak sama” begitulah kira-kira perbandingan mesin yang di miliki kedua saudara kembar ini. Namun apa saja perbedaan mesin antara calya dan sigra secara spesifik? Berikut ini adalah perbedaan mesin dari toyota calya dan daihatsu sigra.

Perbedaan Spesifikasi Mesin Calya dan Sigra

Ini Dia Perbedaan Kapasitas Mesin

Antara toyota calya dan daihatsu sigra ternyata kedua mobil ini memiliki perbedaan dari segi kapasitas mesinnya. Mesin daihatsu sigra sendiri memiliki dua varian mesin dengan kode 1KR dan kode 3NR. Mesin sigra dengan kode 1KR memiliki kapasitas mesin sebesar 1000cc dengan 3 silinder segaris, sedangkan kode 3NR pada mesin sigra memiliki kapasitas mesin 1200cc dengan 4 silinder segaris.

Sedangkan pada toyota calya hanya memakai mesin dengan kode 3NR dengan kapasitas mesin 1200cc dengan 3 silinder segaris.

Perbedaan Komponen Mesin

Perbedaan komponen mesin dengan kode mesin 1KR dan 3NR terdapat pada bagian katup silindernya, yang mana tipe mesin dengan kode 1KR hanya menggunakan 3 silinder segaris, dengan pengertian hanya memakai 3 busi dan 3 piston. Sedangkan mesin calya dan sigra dengan kode mesin 3NR sudah memiliki 4 silinder segaris alias sudah memakai 4 busi dan 4 piston untuk pembakaran.

Perberaan komponen diantara dua varian mesin 1KR dan 3NR pada mobil calya dan sigra terdapat pada bagian rantai keteng atau rantai kampratnya, dimana mesin sigra dengan kode mesin 1KR masih memakai timing belt pada bagian dalam komponen mesinnya, Jelas ini jauh berbeda dengan varian mesin calya dan sigra dengan kode 3NR yang sudah menggunakan rantai keteng atau rantai kamprat pada komponen mesinnya.

Dapat di simpulkan jika anda memilih mobil daihatsu sigra dengan kode mesin 1KR anda diharuskan mengganti timing beltnya jika sudah menempuh jarak yang sudah di tentukan. Hal ini tentu saja mengeluarkan biaya ekstra jika di bandingkan dengan mesin 3NR yang sudah menggunakan rantai keteng atau rantai kamprat pada mesinnya, sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengganti timing beltnya. (Done)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.