Persamaan Spare Part Dan Suku Cadang Ford Laser

Ford Laser salah satu mobil sedan kompak yang pernah di produksi oleh dua pabrikan asal jepang dan juga amerika, yakni mazda 323 dan juga ford laser. Dua kembaran ini memang berbeda logo namun untuk masalah mesin, kaki-kaki dan juga komponen lainnya sama saja. Yang membedakan ford laser dan mazda 323 berada pada bagian exterior dan juga interior, yang mana design mazda lebih terlihat tidak kaku seperti ford laser sedan.

Namun begitu ford laser juga memiliki beberapa varian yang menyasar pasar sedan kompak untuk kelas menengah keatas, seperti: Ford laser HB, Ford laser sonic, ford laser ghia, Ford Laser Gala dan ford Laser Lynx yang mana varian ini memiliki spare parts atau suku cadang yang sama dengan mobil korea yakni kia timor SOHC dan juga DOHC.

Persamaan Spare Part Dan Suku Cadang Ford Laser

Namun fokus yang akan kita bahas saat ini adalah varian ford laser GL 1300cc yang mana mobil ini sebagian besarnya memang di peruntukkan untuk armada taksi pada tahun 90an silam. Namun untuk ford laser tahun 80,81,82,83 dan 84 belum di gunakan untuk armada taksi, dan ford laser ini terkenal dengan nama ford laser bongkok. Yang mana bentuk bodynya memang berbeda pada ford laser GL yang di gunakan untuk taksi.

Namun pada bagian mesin, kaki-kaki dan transmisinya sama saja dengan ford laser GL tahun muda yang di pakai untuk armada taksi. Hanya saja bagian panel exterior dan interiornya sedikit berbeda dan juga dimensi body ford laser bongkok ini lebih kecil jika di bandingkan dengan ford laser GL ex taksi.

Berbicara mengenai ketangguhan dari ford laser GL 1300 bekas taksi bisa di bilang mobil ini layak di perhitungkan, karena mobil ini di pilih oleh pengusaha bukan tanpa analisa. Armada yang di di pilih untuk di jadikan taksi tidak lepas dari analisa dan juga riset oleh pengusaha taksi.

Biasanya sebelum memilih armada untuk taksi, pengusaha taksi akan mencoba ketangguhan mobil tersebut. Sekiranya masuk dalam kriteria yang di inginkan, maka armada tersebut akan di pilih untuk menjadi armada taksi yang jam terbangnya terbilang tinggi.

Karena jika salah pilih mobil, maka bisa jadi pengusaha taksi tersebut merugi, karena mobil yang di pakai untuk angkutan taksi selalu bermasalah. Sama seperti ford laser GL, mobil ini telah lolos dan pernah digunakan untuk dijadikan taksi meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Namun pecinta ford laser masih banyak yang memakai mobil ini untuk pemakaian sehari-hari dan juga untuk koleksi sebagai hobi.

Karena banyaknya pengguna ford laser GL 1300 ini, maka sampai saat ini mobil ini masih banyak di temui di jalanan. tak hanya itu, komunitas ford laser juga terus berkembang dan kompak jika ada salah satu pengguna ford laser yang bermasalah dan juga kesulitan untuk mendapatkan spare parts, maka teman-teman di komunitas siap membantu untuk mendapatkan suplay suku cadang dari mobil ford laser itu sendiri.

Persamaan Suku Cadang Bagian Mesin Ford Laser GL

Untuk mesin sendiri, mobil ini bisa di bilang sangat tangguh dan kuat untuk pemakaian sehari-hari. Selain itu konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, karena mesinnya hanya 1300cc dan sudah memakai CDI walaupun masih karburator. Namun dengan adanya CDI pada mobil ford laser ini, maka pengapian bisa stabil sehingga bisa membuat irit bahan bakar minyak.

Persamaan Spare Part Dan Suku Cadang Ford Laser

Untuk konsumsi bahan bakar Ford Laser bisa mencapai 1:12/liter dalam kota memakai AC dan 1:15/liter untuk perjalanan luar kota dengan full AC. Asalkan semua pengapian dan juga pembakaran  antara CDI dan karburator masih normal.

Tapi untuk ford laser bongkok, kebanyakan yang beredar di indonesia masih memakai platina, sehingga harus pandai menyetel platina agar pengapian sempurna. Akan tetapi jika sobat ingin menggunakan CDI pada ford laser bongkok, bisa saja CDI mazda 323 atau ford laser tahun muda di aplikasi pada mesin ford laser bongkok agar pengapian lebih stabil.

Mesin ford laser sendiri bisa di bilang jarang menemukan kerusakan yang berarti, bisa di bilang mesin ini sangat tangguh dan kuat. Karena banyak dari member komunitas yang tidak mengerti mesin sekalipun masih nyaman menggunakan ford laser, karena jarang mogok dan bermasalah.

Merambah ke bagian pengisian aki, banyak pemula yang baru membeli dan memiliki ford laser bingung ketika aki selalu drop. Perlu sobat ketahui, jika terjadi seperti demikian usahakan yang pertama kali di cek adalah aki nya. Pastikan aki dalam keadaan baik dan bagus. Jika sudah ganti aki dengan yang baru dan masih menemui masalah yang sama, berarti dinamo alternatornya bermasalah.

Dinamo ampere atau alternator bisa memakai punya carry 1.0 ataupun punya kijang yang banyak di pasaran dan harganyapun lebih murah meriah.

Untuk spare parts bagian mesin, dari paking top set dan jeroan mesin seperti piston, ring piston, metal duduk, metal jalan, metal bulan, rantai keteng, dan yang lainnya sobat bisa memakai suku cadang dari mazda 323/trendy ataupun original ford laser itu sendiri. Ketersediaannya masih sangat banyak sampai saat ini.

Persamaan parts lainnya seperti; Filter oli ford laser sama dengan mitsubishi kuda, expander dan t120ss. Sil krus AS depan persamaannya dengan punya honda jazz, city, freed. Busi sama dengan kijang, drat busi kijang sama dengan ford laser.

Persamaan Onderdil Ford Laser Bagian Kaki-Kaki

Kelemahan ford laser yang sering di temui biasanya terjadi pada bagian kaki-kakinya, yang mana kaki-kakinya sering rusak sehingga stir menjadi tidak stabil ketika di bawa jalan. Hal ini memang sudah menjadi penyakit wajib pada ford laser, usahakan pada bagian kaki-kaki di cek kembali ketika sobat baru membeli unit ford laser.

Untuk tie rod, long tierod spare partsnya sama dengan mazda 323/trendy atau punya ford laser juga masih banyak. Untuk bagian ball join bisa memakai punya timor, mazda 323/trendy/interplay dan bisa memakai asli punya ford laser. Ketersediaan onderdil bagian kaki-kaki ford laser masih banyak tersedia sampai saat ini.

Persamaan Spare Part Dan Suku Cadang Ford Laser

Untuk karet-karet bagian kaki-kaki bisa memakai punya mobil apa saja asalkan membawa contohnya ketika sobat mengunjungi toko onderdil mobil.

Untuk bagian power steering, memang tidak semua ford laser sudah menggunakan power steering, namun untuk parts power steering bisa memakai punya mazda 323/trendy/interplay/timor SOHC dan juga hyundai accent/bimantara.

Persamaan Suku Cadang Ford Laser GL Bagian Interior

Menuju ke bagian interior, perbedaan ford laser dan mazda 323 memang mencolok pada bagian interiornya. Yang mana mazda 323 bahan interior seperti door trim dan sarung jok itu berbeda dengan ford laser. Dan yang lebih mencolok lagi perbedaaanya terdapat pada central lock dan power window. Yang mana ford laser bekas taksi belum menggunakan fitur tersebut.

Namun jika sobat ingin menggunakan fitur central lock dan power window untuk ford laser bisa menggunakan punya mazda dan plug and play tidak perlu merubah apa-apa lagi. Hanya saja sobat perlu menambahkan jalur kabel untuk menggerakkan power window dan juga central lock, karena pada ford laser belum ada jalurnya dan harus di bikin baru.

Segitu dulu untuk sharing masalah dan persamaan suku cadang/onderdil/spare parts dari mobil ford laser. Jika sobat mengalami kesulitan untuk mencari persamaan spare parts untuk mobil ford laser kesayangan sobat. Bisa tinggalkan komentar di bawah, sehingga kami bisa memberikan rekomendasi persamaan spare parts yang terkendala.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.