6 Jenis Sukulen Yang Mudah Di Rawat Dalam Ruangan

Jenis Sukulen Yang Mudah Di Rawat Dalam Ruangan – Sukulen adalah tanaman dekoratif yang trendi untuk rumah siapa saja. Bentuknya yang mungil dan unik bisa menambahkan aksen minimalis dalam setiap ruangan. Kelompok tanaman sukulen yang beragam ini menawarkan variasi warna yang tak ada habisnya, serta opsi perawatan yang sangat mudah dilakukan.

Sebagian besar sukulen membutuhkan lingkungan basah untuk bertahan hidup, tetapi sukulen mampu menyimpan dan menggunakan air secara efisien untuk jangka waktu yang lebih lama. Kemampuan ini membuat sukulen praktis dapat tumbuhdengan baik dalam kondisi kering dan hangat yang biasanya ditemukan dilingkungan dalam rumah.

Sukulen adalah tanaman yang sempurna untuk pemula. Hadir dalam berbagai bentuk, ukuran dan tekstur, serta memiliki kualitas yang menarik. Berikut adalah enam jenis sukulen yang mudah di rawat dalam ruangan. Memperindah ruangan rumah Anda sepanjang tahun!

Jenis Sukulen Yang Mudah Di Rawat Dalam Ruangan

Lidah Buaya

Tanaman berduri yang satu ini telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Aloe Vera juga merupakan salah satu jenis sukulen yang mudah di rawat dalam ruangan. Getah yang terdapat pada daun bagian dalam digunakan untuk menyembuhkan luka dan meredakan luka bakar. Aloe Vera harus disimpan di bawah sinar matahari penuh dan harus disiram ketika daunnya terlihat kering atau rapuh. Simpan tanaman obat ini di dekat jendela yang terang untuk menikmati keindahannya setiap hari.

Jade Plant

Sukulen yang satu ini berasal dari Afrika Selatan. Jade plant memiliki batang tebal dan daun hijau mengkilap. Letakkan jade plant pada tempat dengan cahaya terang dan siram dengan sedikit air saat media tanam terasa kering. Berhati-hatilah, karena jade plant biasanya mati karena terlalu banyak disiram.

Echeveria

Echeveria merupakan tanaman asli gurun. Echeveria hadir dalam berbagai warna dan tumbuh sempurna dalam kondisi kering. Echeveria harus disiram hanya setelah mengering. Pot tanah liat tanpa glasir adalah tempat penanaman yang ideal untuk sukulen ini, karena tanah liat memungkinkan air menguap. Untuk hasil yang optimal, tempatkan echeveria di bawah sinar matahari penuh dan pastikan tanahnya dikeringkan dengan baik.

Panda Plant

Sukulen ini memiliki ciri daunnya yang di tumbuhi bulu-bulu putih kecil, memberikan tekstur yang tidak jelas atau abstrak. Panda plant merupakan tanaman endemik Madagaskar. Menyukai sirkulasi udara yang hangat dan hanya perlu di siram sedikit. Usahakan menyiramnya sebelum daunnya mengkerut.

Zebra Plant

Sukulen ini tampil mencolok ini mendapatkan nama “Zebra” dari garis-garis horizontal yang menutupi daunnya. Zebra plant tumbuh rapi dan kompak dengan ukuran tinggi sekitar 5 inci dan lebar 6 inci. Sangat menarik di tempatkan pada ruangan yang kecil. Tanaman zebra membutuhkan sinar matahari dan air dalam jumlah sedang.

Crown of Thorns

Tambahkan nuansa warna ke dalam ruangan rumah Anda dengan tanaman cantik ini. Jika terkena sinar matahari yang cukup, bunganya dapat mekar sepanjang tahun menghasilkan aksen merah atau kuning di sekitar bunga-bunga kecilnya. Sebagai salah satu jenis sukulen yang mudah di rawat dalam ruangan, Crown of Thorns memiliki kebutuhan penyiraman yang rendah hingga sedang dan harus ditempatkan di bawah sinar matahari langsung agar memiliki bunga mekar yang terbaik.

Tips Memiliki Sukulen Yang Sehat dan Indah

Meskipun hampir semua jenis sukulen yang mudah di rawat dalam ruangan tidak memerlukan banyak effort untuk menumbuhkannya, namun Anda juga sebaiknya mengetahui tips agar sukulen bisa tumbuh sehat dan indah berikut ini.

Berikan pupuk secukupnya

Sukulen juga membutuhkan nutrisi dari media tanamnya. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan sedikit pupuk organik (semacam pupuk kandang atau kompos) jika di butuhkan.

Penyiraman

Hal yang harus di perhatikan adalah Anda wajib memperhatikan kondisi tanaman sebelum menyiramnya. Sukulen tidak butuh banyak air untuk dapat hidup. Bahkan ada sukulen yang hanya butuh sekali penyiraman dalam seminggu. Kenali jenis sukulen yang Anda tanam, sehingga Anda bisa menyesuaikan jumlah atau takaran air yang di berikan saat penyiraman.

Dan jangan lupa, siram langsung ke tanah atau substrat media tanam. Jangan menyiram pada sukulen. Jika benar-benar di butuhkan, Anda boleh menggunakan spray untuk membasahi sukulen.

Cahaya matahari

Sukulen sangat menyukai sinar matahari. Pastikan Anda menempatkan pot sukulen pada spot atau tempat yang mendapatkan penyinaran matahari secara maksimal. Anda juga perlu memastikan bahwa semua bagian tanaman mendapatkan sinar matahari yang merata.

Bersihkan sukulen secara berkala

Sukulen biasanya di tempatkan di pojokan ruangan, yang notabene sering menjadi tempat tumpukan debu. Bersihkan daun-daun sukulen dari debu-debu yang menempel, agar daun-daunnya tetap sehat dan dapat tumbuh maksimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.