4 Tanaman Yang Cocok Untuk Tanah Bekas Rawa

Banyak petani yang bingung ketika mendapati tanah bekas semak dan rawa. Terlebih bagi para mereka yang melakukan transmigrasi yang berasal dari luar kota bahkan luar pulau. Mereka banyak di berikan lahan yang belum pernah di garap sebelumnya oleh orang lain pada sebelumnya.

Sehingga lahan yang di garap masih bisa di bilang semak dan rawa. Hal ini sering sekali di temui oleh mereka yang melakukan transmigrasi dari tempat lain ke tempat yang lainnya yang di program oleh pemerintah.

Untuk lahan semak dan rawa bisa di bilang banyak sekali manfaatnya. Karena semak dan rawa menyimpan berbagai macam pupuk alami.

Misalnya pupuk dedaunan yang sudah melebur di dalam rawa tersebut kemudian bisa membuat tanaman lebih subur dan juga cepat tumbuh.

Namun untuk mengelola tanah rawa menjadi laha pertanian memang tidak mudah. Berikut beberapa cara agar tanaman bisa tumbuh di lahan yang di penuhi semak dan rawa.

Proses Menggarap Tanah Rawa Menjadi Area Pertanian

1. Membersihkan Lahan

Hal yang paling pertama di lakukan adalah membersihkan lahan semak rawa tersebut agar tidak ada rumput ataupun lalang yang membuat tumbuhan sulit untuk tumbuh.

Untuk memberihkan lahan sendiri bisa langsung di bakar ataupun bisa di bersihkan menggunakan arit lalu di bakar. Semua tergantung kondisi lahan yang akan di garap.

2. Menambahkan Tanah

Jika tanah terlalu basah dan terlalu banyak air biasanya banyak tanaman yang tidak bisa hidup dengan maksimal. Oleh sebab itu kamu bisa menambahkan atau menguruk lahan rawa tadi dengan tanah.

Jika tanah sudah terlihat tidak terlalu basah oleh air rawa, maka tanah tersebut sudah bisa untuk di jadikan lahan pertanian.

3. Menambahkan Pupuk

Sebelum di tanami dengan tanaman yang menghasilkan, ada baiknya berikan pupuk dasar agar bekas tanah yang di uruk tersebut bisa subur.

Setelah di uruk tunggu sampai satu minggu agar pupuk dan tanah menyatu menjadi satu. Tak lupa sirami air setiap harinya agar tanah menjadi lebih gembur.

Tanaman Yang Tumbuh Subur Pada Lahan Bekas Rawa

1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di lahan bekas rawa. Karena ubi jalar sendiri sangat cocok di tanam di tempat yang lembab agar hasil ubi yang di hasilkan bisa maksimal dan besar-besar.

2. Singkong

Untuk awal penanaman jika tanah bekas rawa, ada baiknya di tanami singkong terlebih dahulu. Di tanami singkong memang bisa membuat tanah lebih subur dan gembur.

Karena sisa-sisa dari tanah yang di tanami singkong, pada kemudian hari akan bisa di tanami tumbuhan lain untuk pertanian.

3. Kacang Panjang

Kacang panjang adalah tanaman yang agak gampang tumbuh pada tanah yang bekas rawa. Oleh sebab itu, untuk mencoba tanah tersebut layak untuk pertanian ada baiknya langkah awal di tanami kacang panjang terlebih dahulu.

Biasanya kacang panjang akan tumbuh subur jika tanah tersebut agak sedikit lembab karena bekas rawa. Dan hasil panennya pun bisa melimpah, bahkan bisa sampai 5 kali petikan untuk hasil dari kacang panjang itu sendiri.

4. Lenca

Tanaman lenca adalah tanaman yang sangat gampang tumbuh, karena tanaman ini tidak terlalu memerlukan rawatan khusus. Jadi sangat memungkinkan untuk di tanam di tanah yang bekas rawa.

Biasanya tanaman lenca sendiri akan berbuah pada minggu ketiga jika tanah atau lahan yang di tanami lembab.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.