Ternyata Ini Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga

Mobil bertransmisi otomatis atau biasa yang di sebut dengan kata mobil matic ini banyak di bahas oleh orang yang masih awam di dunia otomotif. Hal ini dikarenakan mobil matic sangat jauh berbeda dengan mobil bertransmini manual pada umumnya. Mobil matic sendiri sudah masuk pada pasar eropa di tahun 70-an akhir, banyak mobil-mobil eropa yang sudah menggunakan transmisi otomatis ini.

Namun tidak begitu dengan mobil buatan jepang, yang mana jepang baru mengembangkan transmisi otomatisnya pada pertengahan tahun 80-an. Dan itupun hanya untuk mobil dengan kelas tertentu yang di benamkan fitur matic pada transmisinya. Wajar saja indonesia pada kala itu sangat tertinggal jauh, karena mobil yang banyak berkeliaran di indonesia ada produk-produk dari jepang.

Dan ini terbawa oleh kebiasaan orang indonesia, bahkan sudah menjadi budaya bahwa jika mengendarai mobil selain mobil manual itu tidak enak dan tidak bisa untuk menggunakan mobil dengan transmisi otomatis.

Seiring berkembangnya jaman dan banyak terjadi kemacetan dii mana-mana, ternyata hal ini memaksa mereka para pengguna mobil untuk menguasai mobil dengan transmisi otomatis. Semakin tahun pengguna mobil matic di indonesia bisa di bilang meningkat, karena di beberapa kota besar di indonesia mengalami kemacetan yang sangat kronis sekali.

Dengan menggunakan mobil dengan transmisi matic pada saat macet, maka anda bisa dengan tenang menghadapi macet tersebut, dan juga dapat mengurangi pegal-pegal pada kaki. Karena anda tidak harus menginjak tuas kopling pada saat akan berhenti dan jalan kembali.

Hadirnya transmisi matic di indonesia memang banyak menuai permasalahan, yang mana mobil dengan transmisi otomatis banyak terdapat kendala yang susah di tebak oleh montir yang bukan khusus untuk menangi mobil matic. Salah satu kendala yang banyak di alami oleh pengguna mobil matic adalah kehilangan tenaga alias mobil tidak bertenaga pada saat berakselerasi.

Berikut ini adalah Penyebab Mobil Matic Tidak Bertenaga yang banyak terjadi pada mobil jepang termasuk mobil eropa.

#Pertama
Hal yang pertama membuat mobil matic tidak bertenaga dan kehilangan akselerasi karena plat kopling sudah tipis dan tidak layak pakai lagi. Perlu anda ketahui bahwa plat kopling adalah hal yang sangat penting dalam komponen transmisi. Jika plat kopling sudah habis atau tipis maka tarikan pada mobil matic akan tidak responsif lagi seperti biasanya.

Untuk mengganti plat atau kampas kopling mobil matic bisa di bengkel mana saja, karena plat atau kampas kopling cara penggantiannya sama dengan mobil manual biasa. Gunakan plat atau kampas kopling aslinya agar mobil kembali dapat berakselerasi seperti baru lagi, selain itu plat atau kampas kopling yang original akan memberikan pengaruh positif jangka panjang pada transmisi matic anda.

#Kedua
Hal yang berikutnya yang membuat mobil matic tidak bertenaga karena oli transmisinya sudah kental atau berkurang. Oli transmisi matic adalah salah satu pelumas untuk melumasi komponen yang ada di dalam gearbox, bisa di pastikan jika gearbox kekurangan oli transmisi, maka akan cepat panas dan kurang responsif.

Selain itu terlambat ganti oli dan kurangnya oli pada transmisi mobil matic dapat berdampak pada komponen lainnya yang akan sering rusak. Gantilah oli transmisi matic sesuai dengan buku manual mobil, usahakan takaran oli tidak kurang atau melebihi batas maksimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.