Tips Mengatasi Stir Mobil Banting Kanan Banting Kiri Tidak Stabil Saat Ngerem

Kenyamanan saat berkendara adalah salah satu prioritas yang wajib untuk setiap orang, namun apa jadinya jika stir mobil anda tidak nyaman saat di kendarai.

Anehnya stir mobil oleng tidak terkendali bahkan stir melintir banting kanan banting kiri pada saat anda melakukan pengereman, apa yang salah dengan mobil yang tidak saat anda menginjak rem? berikut ini adalah ulasan tips mengatasi stir mobil yang oleng banting kanan banting kiri (tidak stabil) saat anda melakukan pengereman.

Tips Mengatasi Stir Mobil Banting Kanan Banting Kiri Tidak Stabil Saat Ngerem

Langkah Menyikapi Stir Oleng Pada Saat Pedal Rem Di Injak

 

1. Jangan Panik

Dalam kecepatan tinggi tiba-tiba stir oleng ke kanan atau ke kiri sebaiknya anda jangan terlalu panik dulu, usahakan mobil bisa mengerem dan berhenti secara perlahan dengan selamat. Sebaliknya, jika anda panik dan melakukan pengereman secara mendadak maka mobil akan makin tidak terkendali, bahkan bisa jadi mobil terbalik.

2. Cek Selang Rem

Hal sederhana selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stir mobil tidak stabil dengan mengecek pada bagian selang rem itu sendiri. Cek pada selang rem yang mengarah ke roda depan mobil, karena stir sendiri sangat sensitif dengan komponen roda bagian depan.

Biasanya penyebab stir mobil oleng ke kanan dan ke kiri pada saat anda melakukan pengereman ada kebocoran halus pada salah satu selang rem yang mengarah ke sistem pengereman bagian bawah.

3. Cek Kampas Rem

Salah satu penyebab stir mobil oleng banting kanan banting kiri adalah kampas remnya yang habis sebelah. Pada umumnya terdapat 2 kampas rem dalam satu rumah yang mana fungsinya untuk menjepit piringan cakram atau piringnya tromol jika mobil anda masih menggunakan tromol.

Jika anda menemukan kampas rem pada bagian depan mobil yang sudah habis dan makan sebelah ada baiknya anda langsung mengganti satu set kampas rem agar ketebalan kampas dapat berimbang dan tidak menyebabkan stir oleng.

Selain itu banyak di temukan stir oleng pada saat mobil melewati genangan banjir. Biasanya masalah seperti ini terjadi karena kampas rem basah. Jika kampas rem sudah menggunakan disc brake atau cakram tidak akan memberi efek apapun ketika melewati genangan banjir.

Lain ceritanya dengan mobil yang masih menggunakan tromol pada keempat sisi sistem pengeremannya. Maka efek yang di timbulkan ketika melewati banjir atau genangan air, maka rem akan makan sebelah.

Hal ini tentunya akan membuat stir tidak stabil pada saat di lakukan pengereman. Namun begitu rem tidak akan blong, hanya saja butuh beberapa saat agar kampas rem benar-benar kering dan stir akan berfungsi normal kembali.

4. Cek Piston Rem

Kebanyakan orang tidak mengerahui bahwa piston rem bisa berpengaruh pada stir. Jika piston rem tidak berfungsi secara maksimal maka bisa di pastikan stir mobil akan oleng ke kiri dan ke kanan. Hal ini di karenakan piston tersebut macet dan tidak bisa memompa kampas untuk menjepit piringan atau tromol.

Untuk mengecek piston rem anda tidak bisa sendirian melainkan harus 2 orang yang berfungsi menginjak tuas rem dan satu orang lagi berfungsi mengecek kinerja piston rem itu sendiri. Jika piston rem anda macet atau bocor maka gantilah dengan yang baru hal ini untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

5. Stel Angin

Buang angin rem secara berkala memang wajib di lakukan untuk mobil yang masih menggunakan tromol. Terkadang rem tromol tidak akan pakem jika ada angin palsu yang masuk ke dalam master rem ataupun selang rem pada keempat sisinya.

Sehingga membuat rem makan sebelah dan tentunya stir akan oleng ke kiri atau ke kanan pada saat pedal rem di injak. (Done)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.