Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!

Wisata Curug Malela memiliki keunikan tersendiri. Wisata Curug Malela dikenal sebagai versi mini dari Air Terjun Niagara! Air Terjun Curug Malela adalah air terjun yang indah yang terletak di Desa Cicadas di Bandung. Berdiri dengan ketinggian 70 meter dan lebar 50 meter, Air Terjun Malela terbagi menjadi 5 jalur aliran air dengan sumber air utamanya berasal dari utara Gunung Kendeng.

Meskipun tidak semegah Air Terjun Niagara yang sebenarnya, Air Terjun Curug Malela masih sangat besar dibandingkan dengan air terjun lainnya di wilayah Jawa Barat. Pendakian ke air terjun adalah daya tarik lain karena pemandangan matahari terbit yang menakjubkan adalah sesuatu yang tidak ingin Anda lewatkan selama perjalanan Anda di sini.

Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!

Wisata Curug Malela, Konon Mirip Dengan Air Terjun Niagara!

Rute Menuju Air Terjun Curug Malela

Air Terjun Curug Malela dapat dicapai dalam waktu 3 jam berkendara dari pusat kota Bandung. Air terjun ini terletak di daerah terpencil dan jika Anda berniat untuk berkendara ke sana, bersiaplah untuk melalui perjalanan yang sangat sulit. Pintu keluar Anda akan berada di Desa Cicadas. Jalan untuk mengakses ke daerah air terjun hanya dapat diakses dengan kendataan empat roda sehingga Anda mungkin perlu pergi kesana dengan sopir berpengalaman.

Berapa Harga Tiket Masuk Curug Malela?

Harga tiket masuk curug Malela adalah GRATIS. Ya, gratis namun seperti biasa, anda mungkin akan dikenakan biaya untuk parkir sepeda motor atau mobil yang anda bawa.

Apa Yang Dilakukan di Curug Malela?

Setelah merasakan keindahan Curug Malela, pengunjung juga dapat melanjutkan perjalanan ke atas dan menikmati makanan ringan di pondok-pondok yang terletak di sana ditemani oleh aroma manis pohon pinus dan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan.

Tidak ada sesuatu yang bisa Anda beli di sini sebagai oleh-oleh. Namun, pemandangan indah Air Terjun Curug Malela sangat layak untuk difoto, jadi abadikanlah pemandangan indahnya sebanyak yang Anda bisa!

Trekking di Curug Malela

Untuk memulai pendakian, Anda dapat menemukan jalan setapak dari pintu masuk air terjun Curug Malela. Dianjurkan untuk mendaki air terjun dengan pemandu lokal, karena kondisi lintasan trekking di curug ini sangat licin.

Berhati-hatilah selama musim hujan karena jalur trekking bisa menjadi sangat licin, jadi sebaiknya Anda tetap mengenakan sepatu anti selip saat berada di sana. Dan seperti biasanya, trip ke air terjun sebaiknya ditunda saat musim hujan, karena resiko banjir yang mendadak.

Jika Anda ingin mendaki, mulailah perjalanan Anda pagi-pagi sekali sehingga Anda dapat menyaksikan matahari terbit. Namun, jika Anda hanya di sini untuk berkunjung, Anda bisa datang ke sini kapan saja sebelum hari gelap.

Jika Anda ingin berkemah di sini, Anda juga dapat mendirikan tenda sendiri di dasar air terjun. Sangat menyenangkan untuk merasakan pengalaman menginap di sini di luar ruangan selama semalam, terutama ketika Anda datang dalam kelompok.

Jangan berenang di air terjun karena sangat berbahaya dengan air yang mengalir deras dari atas. Jika Anda akan melakukan trekking, maka bersiaplah untuk basah karena pendakian di sepanjang air terjun akan membuat Anda basah kuyup.

Disarankan juga untuk pergi ke air terjun selama musim kemarau yaitu selama bulan April dan Oktober di mana aliran air berada pada keadaan paling alami, dan debit air yang tercurah tidak terlalu ekstrim.

Tidak ada warung makan di sepanjang jalan menuju air terjun sehingga disarankan untuk mengemas makanan dan minuman Anda sendiri. Tempat terdekat Anda bisa mendapatkan makanan atau minuman adalah di Desa Cicadas yang merupakan desa terdekat yang terletak di Curug Malela.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.